7 Tips untuk Memulai Bisnis Baru Anda

7 Tips untuk Memulai Bisnis Baru Anda

Memulai bisnis Anda sendiri bisa menjadi ide yang sangat menarik dan memberi energi. Namun, ketika Anda benar-benar mulai melihat semua langkah yang perlu Anda ambil untuk memberi diri Anda kesempatan terbaik untuk sukses, itu bisa menjadi sedikit menakutkan. Jika Anda serius ingin memulai bisnis sendiri, langkah pertama yang terbaik adalah mengatur. Anda perlu memikirkan semua yang Anda perlukan untuk memulai bisnis Anda. Posting ini membahas tips utama untuk memulai bisnis baru Anda.

Promo Shopee Terbaru

1. Kenali Industri

Hal pertama yang harus dilakukan ketika Anda berpikir untuk memulai bisnis baru adalah memastikan Anda mengetahui industri tempat Anda akan beroperasi. Anda mungkin memulai bisnis dalam industri yang telah Anda kerjakan selama bertahun-tahun dan merasa seperti Anda tahu segalanya yang perlu diketahui. Anda tidak. Di luar pengalaman Anda, Anda harus melakukan penelitian ekstensif untuk menemukan semua rahasia tersembunyi yang dipegang oleh profesi baru Anda.

Anda kemungkinan besar akan kagum dengan hal-hal yang Anda temukan jika Anda menggali cukup dalam. Mungkin ada seseorang dalam profesi Anda yang telah menemukan rahasia sukses yang telah diabaikan orang lain atau ide baru yang belum Anda ketahui. Ketika berbicara tentang bisnis, ada banyak orang yang menemukan sesuatu yang berhasil dan berhenti berinovasi.

Artikel Terkait: Koleksi Museum Balaputra Dewa – Sejarah, Tiket & Ragam Aktivitas

Anda harus mencari pendekatan baru dari awal dan terus beradaptasi saat Anda mengembangkan bisnis untuk peluang sukses terbaik.

2. Riset Pasar

Selain meneliti industri Anda, Anda juga harus melihat pasar. Apakah Anda akan bekerja di komunitas kecil atau menawarkan layanan global, penting untuk mengetahui apa yang saat ini tersedia untuk klien atau konsumen yang akan bersaing dengan Anda.

Promo Lazada Terbaru
Baca Juga:  5 Pertimbangan Hukum Utama Sebelum Memulai Bisnis

Anda perlu tahu apa yang diinginkan audiens target yang tidak mereka dapatkan. Dengan melakukan itu, Anda dapat menyelinap masuk dan mengisi lubang, daripada mencoba memaksakan jalan Anda melalui kemacetan.

3. Tentukan Fokus Anda

Setelah Anda mengetahui apa yang dibutuhkan pasar, Anda harus dapat memutuskan arah yang Anda inginkan untuk bisnis Anda. Kemungkinan akan ada beberapa area yang kurang terlayani, jadi Anda akan memiliki pilihan jalan mana yang akan diambil menuju sukses. Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan saat memutuskan fokus Anda, yang meliputi:

  • Kebutuhan pasar
  • Keahlian Anda
  • Gairah Anda
  • Biaya berbagai opsi
  • Apakah staf tambahan diperlukan

Setelah Anda melihat semua sudut, Anda dapat memutuskan jalan yang paling mungkin mengarah pada karier yang bermanfaat dan sukses.

4. Cari Tahu Logistiknya

Cari tahu semua hal yang Anda perlukan agar bisnis Anda berhasil. Anda perlu mempertimbangkan ruang kantor, persediaan, staf, dan layanan yang akan dibutuhkan perusahaan Anda agar berfungsi dengan baik. Anda tidak hanya harus memikirkan tentang apa yang akan dibutuhkan perusahaan Anda di awal, tetapi apa yang mungkin dibutuhkannya dalam satu tahun, dan dalam lima tahun.

Mungkin perusahaan Anda dapat memulai dengan Anda bekerja dari rumah, tetapi jika berhasil, seiring pertumbuhannya, kemungkinan akan membutuhkan lima anggota staf dan sebuah kantor kecil dalam setahun. Semua hal potensial ini perlu dipertimbangkan dalam strategi pertumbuhan 1-3 tahun. Dengan begitu, Anda dapat menentukan apakah pendapatan dapat terus meningkat pada tingkat yang cukup tinggi untuk memenuhi dan mudah-mudahan melampaui tingkat kenaikan biaya overhead Anda.

Baca Juga:  4 Cara Bisnis Kecil Anda Dapat Menarik Talenta Besar

5. Cari Tahu Biaya

Setelah Anda mengetahui semua hal yang Anda perlukan, Anda harus mencari tahu berapa biayanya. Menghitung biaya untuk saat ini dan masa depan akan membantu Anda membangun struktur harga untuk produk atau layanan Anda. Anda perlu mencari tahu apakah Anda dapat mempertahankan harga yang sama atau harus menaikkannya seiring dengan meningkatnya biaya. Anda juga mungkin dapat menurunkan biaya seiring waktu karena infrastruktur Anda menjadi lebih efisien.

Mengetahui berapa banyak Anda dapat menagih dan berapa banyak Anda ingin menagih untuk bersaing dengan orang lain yang sudah ada di pasar sangat penting untuk menimbang potensi keberhasilan bisnis baru Anda. Ini sangat penting untuk sukses dalam memulai bisnis baru Anda.

6. Cari Tahu Pendanaan

Begitu Anda tahu berapa biayanya, Anda perlu mencari tahu pendanaan. Mungkin Anda memiliki sarang telur yang cukup besar untuk memulai bisnis baru Anda. Namun, kemungkinan besar Anda akan membutuhkan investor untuk mendukung proyek Anda. Setelah Anda mengetahui biaya Anda, Anda akan dapat membangun rencana bisnis yang tepat untuk disajikan kepada calon investor dan mendapatkan dana yang Anda butuhkan untuk memulai. Ini sangat penting dalam memulai bisnis baru Anda!

7. Pasarkan Diri Anda

Anda perlu mempromosikan diri dan produk Anda. Ini penting baik untuk menemukan investor maupun menemukan pelanggan atau klien. Jika tidak ada yang tahu tentang Anda atau bisnis Anda, maka Anda tidak akan sukses.

Baca Juga:  7 Kesalahan Fatal Perlu Dihindari Dalam Mengelola Usaha

Jelas, salah satu alat terbaik untuk pemasaran saat ini adalah internet. Anda dapat membeli iklan dan menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk Anda. Kehadiran online yang menonjol sangat penting untuk kesuksesan bisnis baru apa pun saat ini. Namun, menggunakan pendekatan kuno untuk membangun bisnis Anda masih bisa bermanfaat seperti membangun hubungan bisnis.

Pertimbangkan untuk membawa produk Anda ke pameran dagang. Ini adalah salah satu pendekatan utama yang memulai bisnis di masa lalu dan masih menjadi bagian dari kisah banyak perusahaan baru yang sukses saat ini. Namun, saat mengikuti acara seperti ini, pastikan untuk mendapatkan asuransi pameran dagang. Anda tidak ingin bisnis Anda dibatalkan oleh gugatan bahkan sebelum memiliki kesempatan untuk dimulai.

Highlight: Koleksi Museum Sang Nila Utama, Mengenal Budaya Melayu di Pekanbaru

Pergi ke berbagai acara ke jaringan juga penting. Anda tidak hanya harus menampilkan diri Anda kepada calon klien, tetapi juga kepada calon mitra. Mayoritas bisnis yang sukses bekerja sama dengan banyak lainnya untuk membangun hubungan simbiosis. Anda dapat membantu orang lain, dan mereka dapat membantu Anda.

Kartu nama masih menjadi bagian besar dari permainan. Meskipun Anda dapat membuat kontak telepon dengan orang yang Anda temui akhir-akhir ini, Anda hanya akan menjadi nomor lain di telepon mereka atau koneksi di situs media sosial. Anda akan tersesat di lautan orang lain. Namun, ketika mereka merogoh sakunya, dan mengeluarkan kartu nama Anda, kemungkinan besar mereka akan mengingat Anda. Membuat kesan adalah salah satu kunci terbesar untuk bisnis yang sukses.

Bagikan:

Tags

Avatar photo

Ameera S

Ameera adalah seorang penulis perjalanan berkelanjutan dan ekowisata. Ia rutin mempromosikan pilihan perjalanan ramah lingkungan.