5 Rencana Bisnis yang Wajib Anda Coba

Rencana Bisnis Wajib Anda Coba

Setelah Anda benar-benar meneliti jenis bisnis yang ingin Anda mulai, saatnya membuat rencana bisnis. Menulis rencana bisnis sangat membantu Anda melihat ke mana Anda akan pergi. Ini juga membuat Anda tetap pada jalurnya. Sangat mudah untuk membuang energi tanpa berpikir pada tugas-tugas yang tampaknya relevan tetapi tidak membantu Anda mencapai apa pun. Memiliki rencana bisnis akan membantu Anda melihat tugas dan memastikannya sepadan dengan waktu Anda.

Promo Shopee Terbaru

Ini digunakan untuk menempatkan bisnis Anda di dalam industri. Mulailah dengan menggambarkan industri, termasuk ke mana arahnya di masa depan. Apakah ada hal baru yang terjadi dalam industri, seperti produk yang dapat mempengaruhi bisnis Anda? Bagian dari rencana bisnis Anda ini menunjukkan bagaimana Anda cocok dengan industri Anda. Ini membantu untuk menghindari bulu. Gunakan data dengan bilangan real. Tinggalkan hype ke departemen pemasaran Anda. Berpegang pada fakta saja.

1. Strategi Pasar

Setelah menganalisis pasar secara mendalam, Anda dapat menentukan strategi pasar Anda. Bagian ini akan menunjukkan target pasar Anda. Ini juga akan membantu Anda menunjukkan bagaimana Anda berencana untuk memposisikan diri Anda dalam pasar Anda. Berapa banyak pelanggan potensial yang ada? Bagaimana Anda berencana untuk memasarkan bisnis Anda? Berapa biaya untuk mendapatkan pelanggan baru?

2. Analisis Kompetitif

Di sinilah Anda memaparkan semua yang telah Anda pelajari tentang kompetisi. Apa yang akan Anda hadapi dengan pesaing Anda? Apa kelemahan mereka? Bagaimana Anda akan menghentikan mereka mengambil bagian Anda dari pasar? Ini adalah kesempatan Anda untuk membedakan bisnis Anda. Tujuan Anda di sini adalah untuk menghasilkan keunggulan kompetitif yang nyata. “ Kami lebih baik atau lebih murah ” bukanlah keunggulan kompetitif. Siapa pun dapat mengatakan bahwa mereka lebih baik atau menurunkan harga mereka. Anda perlu melakukan lebih baik dari itu.

Baca Juga:  5 Pertimbangan Hukum Utama Sebelum Memulai Bisnis

3. Perancangan dan pengembangan

Di sinilah Anda menunjukkan semua penelitian dan coba-coba yang telah dilakukan untuk membuat produk Anda. Lebih dari sekedar produk, ini menunjukkan bagaimana produk cocok dengan bisnis dan praktik pemasaran Anda yang lebih besar. Pada dasarnya, ini menunjukkan bagaimana produk Anda akan berkontribusi pada kesuksesan bisnis Anda. Jika Anda ingin menciptakan produk yang sukses, Anda harus mengembangkannya dengan pelanggan masa depan Anda. Dapatkan masukan mereka selama fase desain produk. Dengarkan apa yang mereka katakan kepada Anda, dan buat penyesuaian berdasarkan apa yang Anda pelajari dalam prosesnya.

4. Rencana Operasi dan Manajemen

Rencana operasi dan manajemen menunjukkan bagaimana semuanya cocok bersama. Siapa yang akan melakukan apa? Siapa yang akan berkolaborasi dengan siapa? Dan siapa yang mengambil tanggung jawab atau tugas A, B, dan C? Ini juga menunjukkan aliran uang antara departemen-departemen ini dan bagaimana semuanya tetap terkendali.

Promo Lazada Terbaru

5. Data keuangan

Terakhir namun tidak kalah pentingnya adalah data keuangan. Di sinilah Anda turun ke seluk beluk angka. Angka, tentu saja, signifikan. Tetapi setelah segala sesuatu yang lain ditetapkan dan ditentukan terlebih dahulu berarti bahwa angka-angka itu hanya ada di sana untuk mengikat seluruh rencana dengan baik.

Rencana bisnis yang kuat dapat membantu Anda tetap di jalur dan memperjelas tujuan Anda. Ini juga menunjukkan kepada calon investor bahwa Anda telah menggali lebih dalam untuk mendefinisikan dan membangun bisnis Anda. Ada sejumlah alat bermanfaat yang dapat ditemukan secara online untuk membantu Anda. Anda dapat mengetahui berapa lama rencana bisnis untuk industri Anda. Anda juga dapat melihat beberapa template sebagai contoh dan panduan. Yang utama adalah Anda memprioritaskan membuat rencana bisnis.

Baca Juga:  Tips Mengembangkan Bisnis Anda Tanpa Pakar

Bagikan:

Tags

Avatar photo

Ameera S

Ameera adalah seorang penulis perjalanan berkelanjutan dan ekowisata. Ia rutin mempromosikan pilihan perjalanan ramah lingkungan.