5 Pertimbangan Hukum Utama Sebelum Memulai Bisnis

Pertimbangan Hukum Sebelum Memulai Bisnis

Memulai cukup sulit tanpa masalah hukum. Anda perlu mengetahui model bisnis, menemukan karyawan kunci, membangun kemitraan, dan meyakinkan pelanggan awal. Anda jelas tidak membutuhkan masalah pengadilan juga. Namun, beberapa pengusaha rela mempertaruhkan semuanya dengan mengabaikan proses hukum sepenuhnya.

Promo Shopee Terbaru

Ini adalah langkah yang mengerikan karena, jika Anda memiliki alasan untuk membawa masalah ke pengadilan, itu akan memakan waktu Anda dan memperlambat bisnis Anda. Solusinya, tentu saja, memastikan kerugian hukum minimal dengan semua pemangku kepentingan. Mari kita cari tahu bagaimana Wisata Indonesia bisa dilakukan.

1. Perjanjian Pendiri

Anda mungkin berteman dengan rekan pendiri Anda, tetapi hal-hal bisa menjadi sangat salah ketika Anda memulai bisnis bersama. Anda mungkin tidak setuju tentang peran Anda, visi Anda untuk perusahaan dan bahkan kompensasi. Anda perlu mendiskusikan setiap poin ini dengan hati-hati. Anda bahkan perlu mendiskusikan apa yang terjadi jika Anda memutuskan untuk meninggalkan perusahaan.

Itu membuat percakapan tidak nyaman tetapi itu perlu dilakukan. Semua yang Anda dan rekan pendiri Anda setujui harus dirinci dalam Perjanjian Pendiri. Apa yang tertulis dalam kontrak ini akan menentukan hasil dari setiap ketidaksepakatan yang mungkin timbul di antara para pendiri.

2. Perjanjian Non-Pengungkapan

Di awal bisnis Anda, Anda harus mengungkapkan ide/model bisnis Anda kepada beberapa orang. Beberapa di antaranya mungkin adalah karyawan potensial, yang lain adalah orang-orang dari industri yang Anda coba ganggu. Anda mungkin juga akan bertemu dengan calon investor dan mungkin perlu berbagi informasi dengan konsultan.

Baca Juga:  4 Cara Bisnis Kecil Anda Dapat Menarik Talenta Besar

Jika Anda yakin bahwa start-up Anda benar-benar ditakdirkan untuk menjadi hebat, Anda membuat kesalahan dengan tidak menandatangani NDA sebelum mengungkapkan apa pun tentangnya. Anda mungkin merasa canggung meminta mereka untuk menandatanganinya, tetapi itu adalah bagian dari permainan. Jika mereka profesional, mereka tidak akan keberatan sedikit pun.

Promo Lazada Terbaru

3. Kepatuhan Pasca-Pendirian

Segera setelah Anda mendaftarkan perusahaan terbatas swasta, yang merupakan satu-satunya bisnis yang dapat meningkatkan pendanaan ekuitas, Anda harus mematuhi aturan tertentu. Anda perlu menunjuk auditor, menerbitkan sertifikat saham, direktur perlu membuat pernyataan tertentu dan banyak lagi. Banyak start-up gagal melakukannya karena mereka fokus pada hal-hal lain.

Ini adalah pendekatan yang buruk karena dapat dengan cepat menyebabkan denda berat dari Kementerian Urusan Perusahaan. Hal yang benar untuk dilakukan setelah mendaftarkan perusahaan adalah mendekati sekretaris perusahaan untuk mengetahui semua yang perlu dilakukan untuk memastikan bahwa Anda sepenuhnya patuh.

4. Kekayaan Intelektual

Merek saat ini bisa lebih berharga daripada komponen perusahaan lainnya. Apple, merek paling berharga, sekarang bernilai $170 miliar; Facebook memiliki merek dagang ‘Wajah’, yang berarti bahwa tidak ada perusahaan layanan TI lain yang dapat menampilkan kata dalam namanya; perusahaan bahkan memanfaatkan merek mereka untuk mengambil pinjaman (ingat Kingfisher?).

Inilah sebabnya mengapa merek dagang harus selalu dilindungi sejak awal. Kehilangan kendali begitu Anda mendapatkan daya tarik dan Anda akhirnya bisa membingungkan pelanggan Anda dan bahkan kehilangan mereka. Ada beberapa cara untuk mendapatkan kembali kendali atas IP Anda, tetapi Anda mungkin harus menghabiskan waktu berbulan-bulan di ruang sidang untuk membuktikan bahwa IP Anda benar-benar milik Anda.

Baca Juga:  7 Kesalahan Fatal Perlu Dihindari Dalam Mengelola Usaha

Rekomendasi: Objek Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi

5. Persyaratan Layanan/Kebijakan Privasi

Semua situs web harus memiliki persyaratan perjanjian layanan/kebijakan privasi di situs web mereka, tersedia untuk dilihat semua pengunjung. Ini sangat penting jika Anda mengumpulkan informasi penggunaan, mengumpulkan pembayaran, atau menghubungkan pengunjung ke bisnis lain. Penafian yang sesuai harus ada untuk memastikan bahwa bisnis Anda tidak dituduh melakukan kesalahan secara sembrono. Pengguna Anda mungkin tidak membawa Anda ke pengadilan, tetapi mereka dapat menyebabkan kerugian serius bagi bisnis Anda di media sosial.

Bagikan:

Tags

Avatar photo

Ameera S

Ameera adalah seorang penulis perjalanan berkelanjutan dan ekowisata. Ia rutin mempromosikan pilihan perjalanan ramah lingkungan.